MATERI QIRO'AH,HIWAR DAN QOWAID KELAS 4 MI
القرأة
هَذَا
عُنْوَانِي
اسْمِي حَسَنٌ، أَنَا تِلْمِيدٌ فِي المَدْرَسَةِ
الْإِبْتِدَانِيَّةِ الْإِسْلامِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ الْمَدْرَسَةُ فِي شَارِعٍ
سُوْكَارُنُو، رَقْمُ عَشَرَةٍ (۱۰)،
وَرَقْمُ الْهَاتِفِ ٤١٢٥٧٥ (٠٢٨٥). هَذَا بَيْتِي، بَيْتِي قَرِيبٌ مِنَ
الْمَدْرَسَةِ، بَيْنِي في شارع أَحْمَد يَانِي، رَقْمُ ثَلَاثَةٍ (۳). هَذَا صَدِيقِي،
اسْمُهُ حُسَيْنٌ، هُوَ تِلْمِيدٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَّةِ
الْإِسْلامِيَّةِ الأَهْلِيَّةِ الْمَدْرَسَةُ فِي شارع إِمَامٍ بونجول، رَقْمُ
خَمْسَةٍ (٥) رَقْمُ هَاتِفِهَا ۷۱۵۳۹۲
(۰۲۸۵). وَبَيْتُ حُسَيْنٍ فِي شَارع حَسَنِ
الدِّيْنِ، رَقْمُ ثَلَاثَةٍ (۳)
وَهَذِهِ صَدِيقَتِي، اِسْمُهَا عَائِشَةُ هِيَ
تِلْمِيدَةٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
الْحُكُوْمِيَّةِ. وَعُنْوَانُ بَيْتِهَا فِي شَارع سُوْدِرْمَانِ، رَقْمُ
ثَمَانِيَةٍ (۸.
اِسْمِي Namaku:
تِلْمِيذٌMurid:
الْمَدْرَسَةُ:
Sekolah
شَارِعٌ Jalan:
رَقْمNomor:
الْهَاتِفِTelepon:
بَيْتِي Rumahku:
قَرِيبٌ Dekat:
صَدِيقِي Temanku:
عُنْوَانُAlamat:
Terjemah
:
Ini alamatku
Namaku Hasan, aku seorang murid di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah
Negeri. Sekolah itu berada di Jalan Soekarno, nomor sepuluh (10), dan nomor
teleponnya 412575 (0285). Ini rumahku,
rumahku dekat dari sekolah. Rumahku berada di Jalan Ahmad Yani, nomor tiga (3)
Ini temanku (laki-laki), namanya Husain, dia seorang murid di Madrasah
Ibtidaiyah Islamiyah Swasta. Sekolah itu berada di Jalan Imam Bonjol, nomor
lima (5), nomor teleponnya 715392 (0285) Dan rumah Husain berada di Jalan
Hasanuddin, nomor tiga (3 Dan ini temanku (perempuan), namanya Aisyah, dia
seorang murid perempuan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Negeri. Dan alamat
rumahnya berada di Jalan Sudirman, nomor delapan (8)..
الحوار
أُحِبُّ إِنْدُوْنِيْسِيَا
رَشِيدٌ: صَبَاحُ الْخَيْرِ ؟
حاكم: صَبَاحُ النُّورِ
رشيد: أَيْنَ وُلِدْتَ يَا حَاكِمُ؟
حاكم: وُلِدْتُ فِي إِنْدُونِيسِيَا
رَشِيدٌ: هَلْ تُحِبُّ إِنْدُوْنِيْسِيَا ؟
حاكم: نَعَمْ، أُحِبُّ إِنْدُونِيْسِيَا
رَشِيدٌ: لماذا ؟
حاكم: لِأَنَّ إِنْدُوْنِيْسِيَا وَطَنِي الحَبِيبُ،
وَهِيَ بَلْدَةٌ جَمِيلَةٌ، فِيهَا الكَثِيرُ مِن المَنَاظِرِ الجَمِيلَةِ
وَالْمَوَاقِعِ السَّيَاحِيَّةِ والمواقع التَّارِيخِيَّةِ فِي إِنْدُونِيْسِيَا.
رَشِيدٌ : مَا هِيَ الْمَنَاظِرُ الْجَمِيْلَةُ
وَالتَّارِيخِيَّةُ فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا ؟
حَاكِم: هُنَاكَ هَيْكَلُ يُوْرُ وبُوْدُور (Candi
Borobudur) في جَاوَا الْوُسْطَى، وَشَاطِئُ بَحْرِ
كُوْنَا (Pantai Kuta)فِي
بَالِي، وَغَيْرُهَا
رَشِيدٌ: وَانْدُوْنِيْسِيَا بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ،
جَوهَا لَطِيفٌ وَ مُنْتَجَاءُهَا كَثِيرَةٌ.
حَاكِمٌ: تِلْكَ نِعْمَةٌ عَظِيمَةٌ مِنَ اللهِ
وَاللَّهُ رَحِيمٌ بِعِبَادِهِ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ.
Terjemah :
Cinta
Indonesia
Rasyid: Selamat
pagi?
Hakim: Selamat
pagi juga.
Rasyid: Di mana
kamu dilahirkan, wahai Hakim?
Hakim: Aku
dilahirkan di Indonesia.
Rasyid: Apakah
kamu mencintai Indonesia?
Hakim: Ya, aku
mencintai Indonesia.
Rasyid:
Mengapa?
Hakim: Karena
Indonesia adalah tanah airku tercinta, dan ia adalah negeri yang indah, di
dalamnya terdapat banyak pemandangan yang indah, tempat-tempat wisata, dan
tempat-tempat bersejarah di Indonesia.
Rasyid: Apa
saja pemandangan indah dan bersejarah yang ada di Indonesia?
Hakim: Di sana
ada Candi Borobudur di Jawa Tengah, dan Pantai Kuta di Bali, dan lain-lain.
Rasyid: Dan
Indonesia adalah negeri yang baik, udaranya sejuk/nyaman, dan tempat
rekreasinya banyak.
Hakim: Itu
adalah nikmat yang agung dari Allah, dan Allah Maha Penyayang kepada
hamba-hamba-Nya, dan Dia adalah Yang Paling Penyayang di antara para penyayang.
QOWA’ID
I. Pengenalan Jenis-Jenis Kata (أقسام الكلمة
- Aqsāmul Kalimah)
Dalam bahasa Arab, kata dibagi
menjadi tiga jenis utama.
1. Isim (الاسم) - Kata Benda/Nama
Kata yang menunjukkan nama
(orang, hewan, benda, tempat) atau makna (sifat, waktu, peristiwa) yang tidak
terikat dengan waktu (lampau, sekarang, atau akan datang).
Contoh:
- Orang: مُحَمَّدٌ (Muhammadun),
فَاطِمَةُ (Fātimatu)
- Benda: كِتَابٌ (Kitābun
- buku), قَلَمٌ (Qalamun
- pulpen)
- Tempat: مَسْجِدٌ (Masjidun
- masjid), مَدْرَسَةٌ (Madrasatun
- sekolah)
2. Fi'il (الفعل) - Kata Kerja
Kata yang menunjukkan pekerjaan
atau peristiwa yang terikat dengan waktu tertentu.
Pembagian Waktu Fi'il (Contoh
Sederhana):
- Mādhī (الماضي): Kata kerja
lampau (sudah dilakukan). Contoh: كَتَبَ (Kataba
- Dia (lk) telah menulis)
- Mudhari' (المضارع):
Kata kerja sekarang/akan datang (sedang/akan dilakukan). Contoh: يَكْتُبُ
(Yaktubu - Dia (lk) sedang/akan menulis)
3. Harf (الحرف) - Kata Tugas
Kata yang tidak memiliki makna
sempurna kecuali jika digabungkan dengan Isim atau Fi'il.
Contoh: Kata Depan (Hurūf
al-Jarr):
- فِي (fī - di
dalam)
- عَلَى ('alā -
di atas)
- إِلَى (ilā -
ke)
- مِنْ (min -
dari)
II. Pengenalan Jenis Kelamin Kata
(المذكر والمؤنث
- Al-Mudzakar wal Mu-annats)
Dalam bahasa Arab, Isim (kata
benda) memiliki jenis kelamin.
1. Mudzakkar (المذكر) - Laki-laki/Jantan
Kata yang
dianggap berjenis kelamin laki-laki. Contoh: وَلَدٌ (Waladun - anak
laki-laki), قَلَمٌ
(Qalamun - pulpen)
2. Mu-annats (المؤنث) - Perempuan/Betina
- Kata yang dianggap berjenis kelamin perempuan.
- Tanda-tanda Umum: Sering diakhiri dengan Tā'
Marbūthah (ة).
- Contoh: بِنْتٌ (Bintun -
anak perempuan), مَدْرَسَةٌ
(Madrasatun - sekolah)
III. Pengenalan Bilangan Kata (المفرد والمثنى
والجمع - Al-Mufrad, Al-Mutsannā, wal Jam'u)
Kata benda (Isim) juga memiliki
bentuk bilangan.
1. Mufrad (المفرد) - Tunggal
- Menunjukkan satu benda/orang.
- Contoh: مُعَلِّمٌ (Mu'allimun
- satu guru laki-laki)
2. Mutsannā (المثنى) - Ganda/Dua
- Menunjukkan dua benda/orang.
- Cara Membentuk: Menambahkan akhiran $ -ani $ (اَنِ)
atau $ -aini $ (َيْنِ)
pada bentuk Mufrad.
- Contoh: مُعَلِّمَانِ (Mu'allimāni
- dua guru laki-laki)
3. Jamak (الجمع) - Banyak
- Menunjukkan tiga benda/orang atau lebih.
(Perkenalan sederhana)
- Contoh: مُعَلِّمُونَ (Mu'allimūna
- para guru laki-laki) Contoh
Penerapan Kalimat Sederhana
Dalam kalimat: "الطَالِبُ فِي
الْفَصْلِ" (At-Thālibu fī al-Fashli)
- الطَالِبُ
(At-Thālibu): Isim (Kata Benda - murid), Mufrad
(Tunggal), Mudzakkar (Laki-laki).
- فِي
(fī): Harf (Kata Tugas - di dalam).
- الْفَصْلِ
(al-Fashli): Isim (Kata Benda - kelas), Mufrad,
Mudzakkar.
- Arti: Murid itu di dalam kelas.
Latihan Soal: testmoz.com/15064470
Komentar
Posting Komentar